Thursday, April 7, 2016

MACAM – MACAM DAYUNG




Dayung merupakan salah satu dari perlatan individu yang harus kita siapkan untuk melakukan pengarungan. Dayung sendiri memiliki beberapa macam tujuannya tidak lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita dan lebih efisien ketika digunakan. Meskipun segala macam dayung dapat digunakan untuk menggerakkan dan mengarahkan perahu tetapi kita harus mengetahui dayung yang sesuai dengan kita dan perahu yang akan kita gunakan untuk mengarungi sungai agar lebih efisien. Dayung sendiri dibedakan berdasarkan bentuk, bahan, serta kegunaannya. Pada dasarnya dayung terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • Pegangan
  • Batang / gagang
  • Bilah (Blade)

DAYUNG BERDASARKAN BAHAN

Perbedaan bahan dayung biasanya mengarah ke beban(berat) dan kekuatan dayung. Tujuannya adalah agar tenaga kita tidak terbuang terlalu banyak untuk menerima beban dayung itu sendiri dan kuat (tidak mudah patah) ketika terbentur. 

1. Dayung Kayu
Dayung berbahan dasar kayu banyak digunakan pada jaman dahulu karena memanfaatkan bahan yang ada. Kekuatannya memang kuat tetapi beban dayung ini berat, kekuatan dan beban berat pada dayung ini sepadan. Oleh karena itu pada saat ini dayung kayu sudah jarang digunakan.


2. Dayung Fiberglass
Dayung berbahan dasar fiberglass ringan untuk digunakan tetapi rapuh, mudah pecah apabila terbentur. Pecahan dayung fiberglass juga dapat melukai penggunanya. Dayung ini juga jarang digunakan pada saat ini.

3. Dayung Plastik dan Alumunium
Dayung berbahan dasar plastik atau alumunium menjadi dayung favorit untuk digunakan mengarungi sungai. Dayung ini ringan, bahkan bisa terapung di air sehingga memudahkan kita mengambilnya apabila dayung terlepas dari genggaman tangan kita. Dayung ini juga cukup kuat dibandingkan dengan dayung lainnya.

DAYUNG BERDASARKAN BENTUK

                Perbedaan bentuk dayung bisa terletak pada pegangan, batang dan bilah. Ada dayung yang pegangannya berbentuk huruf T, lurus, dan oval. Panjang batang dayung juga bermacam – macam, menyesuaikan dengan postur tubuh, kekuatan pengguna serta ukuran perahu. Pada bagian bilah (blade) ada dayung yang memiliki 1 bilah dan 2 bilah. Bilah pada dayung yang memiliki 2 bilah dapat membentuk sudut yang sama, 45⁰, dan 90⁰.
  
DAYUNG BERDASARKAN KEGUNAANNYA

1. Dayung paddle
Dayung paddle dibagi menjadi 2 yaitu dayung paddle satu bilah dan dayung paddle dua bilah. Pada dayung paddle satu bilah biasa digunakan pada perahu oval dan canoe. Sedangkan dayung paddle 2 bilah digunakan pada perahu kayak. Panjang dayung paddle biasanya berkisar antara 150-170 cm.




2. Dayung Oars
Dayung oars digunakan pada perahu cataraf, memiliki batang yang lebih panjang dari pada dayung paddle. Dayung oars juga membutuhkan kerangka sebagai pegangan batang dayung yang dipasang melintang pada tabung perahu. Sepasang dayung oars digerakkan oleh satu orang.

Seiring dengan perkembangan zaman, macam – macam dayung semakin banyak karena memadukan bahan dan bentuk agar lebih efisien ketika digunakan.



DOWNLOAD ARTIKEL INI :

http://sh.st/UcdDd

No comments:

Post a Comment