Saturday, April 23, 2016

Tehnik Lining dan Portaging


Kegiatan rafting atau arung jeram saat ini mudah dijumpai dan bisa dilakukan oleh semua orang. Bagi para pemula atau yang belum pernah berlatih rafting juga bisa menikmati kegiatan ini melalui jasa wisata arung jeram dengan harga yang terjangkau. Pada dasarnya arung jeram adalah kegaitan pengarungan atau penelusuran sungai tetapi pada kondisi aktual tidak semua sungai dapat kita arungi dengan lancar. Akan ada saat – saat dimana kita terpaksa turun dari perahu dan melakukan lining atau portaging  agar pengarungan dapat dilanjutkan. Apabila kita memaksakan kehendak untuk melanjutkan pengarungan tanpa turun dari perahu dapat membahayakan keselamatan kita dan alat – alat kita.
Mungkin beberapa dari kita tidak setuju serta merasa rugi untuk turun dari perahu untuk melakukan lining atau portaging, tetapi apabila hasil dari scouting kita adalah menghadapi penyempitan sungai bahkan air terjun masihkah kita berpikiran demikian? Mau tidak mau dan suka tidak suka yang harus kita lakukan adalah lining atau portaging.

1. LINING

Lining adalah tehnik membawa perahu di sungai dengan cara menuntun perahu yang diikat tali di tepian sungai. Tali tersebut berfungsi untuk mengendalikan perahu. Ketika melakukan lining usahakan posisi kita sedekat mungkin dari perahu dan tidak terlalu tinggi.

LINING

2. PORTAGING

Portaging adalah tehnik membawa perahu di darat, dilakukan dengan cara menggotong bersama – sama. Portaging merupakan alternatif terakhir apabila tehnik lining sudah tidak dapat dilakukan.

PORTAGING


Hal terpenting yang harus kita lakukan untuk menentukan perlu tidaknya melakukan lining atau portaging adalah melakukan scouting terlebih dahulu. Apabila kita asal mengambil keputusan melakukan lining atau portaging tentunya kita juga yang akan dirugikan, jauh – jauh datang dan menyiapkan pengarungan tetapi hasil pengarungannya tidak maksimal. Ada beberapa hal yang dapat kita jadikan pertimbangan melakukan lining atau portaging, diantaranya adalah sebagai berikut. 

PENYEBAB LINING DAN PORTAGING


  •          Pendangkalan sungai

  •           Penyempitan sungai

  •           Jalur terhalang bebatuan atau tumbangan pohon

  •           Terdapat air terjun

  •            Kurangnya kemampuan untuk melewati jeram / riam

  •            Sungai memiliki tingkatan unrunable (tidak dapat diarungi)

  •            Perjalanan dari basecamp ke start point begitu pula sebalinya


Melakukan lining dan portaging memang menghabiskan tenaga yang tidak sedikit tetapi jangan sekali – kali enggan melakukan lining atau portaging ketika lining dan portaging harus kita lakukan karena di posisi tersebut yang dipertaruhkan adalah keselamatan kita sendiri dan peralatan kita.


No comments:

Post a Comment