Thursday, June 16, 2016

USAI TAKLUKAN ACONCAGUA, MARINIR AKAN MENDAKI GUNUNG DI ALASKA

      Ekspedisi Indonesia Raya akan menjadi program tetap bagi Marinir TNI Angkatan Laut (AL).
       Sinyal ini jelas diperlihatkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi. Hal ini setelah pasukan marinir bersama Pendaki Tuna Daksa Sabar Gorky dan jurnalis Widya Victoria sukses menaklukan Puncak Cartenz di Papua dan juga puncak tertinggi di Amerika Latin yakni Gunung Aconcagua di Argentina.


       KASAL pun menginginkan misi berikutnya yakni mendaki gunung di Alaska. Hal itu ditegaskannya usai memimpin upacara sertijab Dankomar yang baru, Brigjen (Mar) Trusono di Markas Marinir, Cilandak.
"Cartenz sudah, Akonkagua sudah, rencananya nanti ke Alaska," ujar Ade, di Markas Marinir, Cilandak, Jakarta (Rabu, 15/6).


Ade Supandi
       Alasannya memilih Alaska adalah karena tempat tersebut dikenal sangat dingin, dan berguna melatih para anggota marinir untuk siap di segala medan dan rintangan.
"Mereka (pasukan Marinir) bisa belajar beradaptasi dengan cuaca apapun, itu gunanya," jelas Ade.
          Selain pendakian Gunung-gunung tinggi di dunia, Ade juga menginginkan pasukan marinir untuk sering mengikuti latihan gabungan dengan negara lain. Hal itu sangat berguna untuk menyerap ilmu dan menjalin komunikasi dengan negara-negara lain serta mengukur kekuatan Marinir yang dikenal sebagai pasukan khusus TNI AL. [ysa]




Sumber : http://www.rmol.co

1 comment: