Tuesday, April 12, 2016

PERAHU RAFTING : LCR




LCR (Landing Craft Rubber) merupakan alat untuk penyeberangan air  dari satu tempat ke tempat lain dengan mengunakan perahu karet yang dilapisi benang / bahan nilon yang dibungkus karet sintetis dan dapat diperlengkap dengan motor tempel / OBM sebagai sarana mempercepat sampainya ke tempat tujuan. Kapasitas penumpang tidak lebih dari sepuluh orang dan termasuk kelompok kapal. Pada dasarnya kapal adalah sarana atau alat angkut yang beroprasi di perairan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasannya perahu LCR juga dapat digunakan untuk berkegiatan rafting.

Perahu  LCR bisa kita gerakkan dengan dua cara, bisa dengan menggunakan tenaga manusia melalui dayung dan cara kedua adalah menggunakan mesin atau biasa disebut OBM (Out Boat Motor). Perahu LCR biasanya beroprasi di perairan yang memiliki arus deras, di danau, pantai dan sungai. Juga dapat digunakan untuk kegiatan rescue pada saat banjir.

Ketika kita sedang berkegiatan rafting lebih dianjurkan menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkannya. Apabila menggunakan mesin untuk kegitan rafting memiliki resiko kerusakan yang tinggi pada mesinnya karena banyak halangan – halangan yang dapat merusak mesin seperti bebatuan ataupun pohon (kayu).

KARAKTERISTIK PERAHU LCR

·   Perahu ini dibuat dari bahan nylon dengan alas kain yang dilapisi pada kedua permukaannya dengan karet sintetis yaitu neoprene.
·   Perahu dapat dipompa dengan kekuatan udara/gas CO2 dengan cepat dan tepat.
·   Badan perahu dibagi menjadi beberapa ruangan udara yang dibatasi oleh suatu skat pembatas.
·   Tiap-tiap ruang udara dipasang suatu klep yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah mengisi dan mengosongkan udara dari dalam ruangan perahu.
·   Tiap ruang udara itu mempunyai kekuatan daya apung yang sama.

KARAKTERISTIK OBM

·   Mesin pengerak khusus untuk mengerakan perahu atau LCR.
·   OBM hanya digunakan 5 s/d 40 HP.
·   Mesin mudah dilepas / dipasang di perahu LCR.
·   Mengunakan bahan bakar bensin.
·   Mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya.
·   Harga relatif mahal.
·   Mudah dalam pengoperasiannya.
·   Mengunakan sistim karbulator.
*HP : Horse Power (satuan tenaga)

 BAGIAN BAGIAN PERAHU LCR

  • Tabung utama kiri
  • Tabung utama kanan
  • Tabung pembantu
  • Bow
  • Geladak
  • Safety Rope
  • D – Ring
  • Oar Lock
  • Dayung
  • Pengunci Dayung
  • Handling Grip
  • Valve
  • Papan Dudukan motor
  • Tempat duduk
 
KENDALA KECEPATAN LCR di AIR

  • PK pada OBM/motor tempel yang digunakan.
  • Berat yang diangkut.( materiil / orang )
  • Type LCR.
  • Kecepatan angin yang ada disekitarnya. ( laut, sungai, pantai ).
  • Gelombang air yang ada disekitarnya / musim ( laut, sungai, pantai )
  • Arus air yang ada disekitarnya ( laut, sungai, pantai ).
 


DOWNLOAD ARTIKEL INI 
http://sh.st/UZh9G


 



No comments:

Post a Comment