LCR
(Landing Craft Rubber) merupakan alat untuk penyeberangan
air dari satu tempat ke tempat lain dengan mengunakan perahu karet yang
dilapisi benang / bahan nilon yang dibungkus karet sintetis dan dapat
diperlengkap dengan motor tempel / OBM sebagai sarana mempercepat sampainya ke
tempat tujuan. Kapasitas penumpang tidak lebih dari sepuluh orang dan termasuk
kelompok kapal. Pada dasarnya kapal adalah sarana atau alat angkut yang
beroprasi di perairan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasannya perahu LCR
juga dapat digunakan untuk berkegiatan rafting.
Perahu
LCR bisa kita gerakkan dengan dua cara,
bisa dengan menggunakan tenaga manusia melalui dayung dan cara kedua adalah
menggunakan mesin atau biasa disebut OBM (Out Boat Motor). Perahu LCR biasanya
beroprasi di perairan yang memiliki arus deras, di danau, pantai dan sungai.
Juga dapat digunakan untuk kegiatan rescue pada saat banjir.
Ketika
kita sedang berkegiatan rafting lebih dianjurkan menggunakan tenaga manusia
untuk menggerakkannya. Apabila menggunakan mesin untuk kegitan rafting memiliki
resiko kerusakan yang tinggi pada mesinnya karena banyak halangan – halangan
yang dapat merusak mesin seperti bebatuan ataupun pohon (kayu).
KARAKTERISTIK PERAHU LCR
· Perahu ini dibuat dari bahan nylon
dengan alas kain yang dilapisi pada kedua permukaannya dengan karet sintetis
yaitu neoprene.
· Perahu dapat dipompa dengan kekuatan
udara/gas CO2 dengan cepat dan tepat.
· Badan perahu dibagi menjadi beberapa
ruangan udara yang dibatasi oleh suatu skat pembatas.
· Tiap-tiap ruang udara dipasang suatu
klep yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah mengisi dan mengosongkan udara
dari dalam ruangan perahu.
· Tiap ruang udara itu mempunyai kekuatan
daya apung yang sama.
KARAKTERISTIK
OBM
· Mesin pengerak khusus untuk mengerakan
perahu atau LCR.
· OBM hanya digunakan 5 s/d 40 HP.
· Mesin mudah dilepas / dipasang di
perahu LCR.
· Mengunakan bahan bakar bensin.
· Mudah dalam pemeliharaan dan
perawatannya.
· Harga relatif mahal.
· Mudah dalam pengoperasiannya.
·
Mengunakan sistim karbulator.
*HP : Horse Power (satuan tenaga)
BAGIAN BAGIAN PERAHU LCR
- Tabung utama kiri
- Tabung utama kanan
- Tabung pembantu
- Bow
- Geladak
- Safety Rope
- D – Ring
- Oar Lock
- Dayung
- Pengunci Dayung
- Handling Grip
- Valve
- Papan Dudukan motor
- Tempat duduk
KENDALA KECEPATAN LCR
di AIR
- PK pada OBM/motor tempel yang digunakan.
- Berat yang diangkut.( materiil / orang )
- Type LCR.
- Kecepatan angin yang ada disekitarnya. ( laut, sungai, pantai ).
- Gelombang air yang ada disekitarnya / musim ( laut, sungai, pantai )
- Arus air yang ada disekitarnya ( laut, sungai, pantai ).
DOWNLOAD ARTIKEL INI
No comments:
Post a Comment