Sunday, February 14, 2016

DEHIDRASI Dan GEJALA – GEJALANYA




Ketika kita melakukan kegiatan di alam bebas pastinya akan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Apabila cairan yang keluar dari tubuh tidak kita kontrol dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Ketika kita mengalami dehidrasi tentunya kita kekurangan cairan tubuh sehingga fungsi dari cairan tubuh akan terganggu. Dehidrasi dapat disebabkan oleh :

PENYEBAB DEHIDRASI

 

1.    Keringat Berlebihan

Setiap kegiatan yang kita lakukan termasuk kegiatan di alam bebas pasti mengeluarkan keringat. Banyaknya keringat yang keluar tergantung dari aktivitas apa yang kita lakukan dan terik matahari.

2.    Cuaca terlalu Panas/Dingin

Cuaca yang terlalu panas akan menguras cairan tubuh kita dan keluar sebagai keringat untuk menjaga kelembaban kulit. Sedangkan cuaca yang terlalu dingin dapat membuat kita dehidrasi karena saat suhu lingkungan dingin tubuh kita menyesuaikan agar suhu tubuh kita tetap terjaga dengan cara metabolisme. Salah satu yang dibutuhkan oleh proses metabolisme adalah cairan tubuh. Jadi cuaca yang terlalu panas atau dingin, keduanya dapat membuat kita dehidrasi.

3.    Kurang minum

Ketika kita melakukan suatu pendakian atau ekspedisi pastinya kita harus melakukan penghematan terhadap air agar selama kegiatan tidak sampai kehabisan air. Tetapi apabila kita terlalu berhemat sampai – sampai mengurangi jatah minum untuk menggantikan cairan tubuh akan berbahaya karena bisa terserang dehidrasi. Apabila kita kekurangan air, lakukanlah survival air. Jangan sampai mengurangi jatah pengganti cairan tubuh kita.

4.    Muntah/Diare

Muntah atau diare merupakan penyakit yang sangat menguras cairan tubuh karena sangat banyak cairan tubuh yang keluar ketika kita muntah atau mengalami diare.


Banyak orang yang menganggap remeh dehidrasi. Padahal penyakit ini dapat membahayakan keselamatan kita, terlebih lagi dehidrasi parah juga dapat membahayakan nyawa kita karena sebagian besar komposisi tubuh kita terdiri dari cairan. Berikut ini adalah dampak yang dapat ditimbulkan apabila kita terserang dehidrasi dan gejala – gejala yang timbul saat dehidrasi.

DAMPAK DEHIDRASI


  1. Rasa letih dan nyeri pada Sendi serta pada punggung
  2. Peredaran darah menurun
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Sakit kepala dan pusing biasanya tejadi pada dehidrasi tingkat sedang dan berat
  5. Kulit kering serta keriput
  6. Melambatnya metabolisme tubuh begitu juga dengan proses pemikiran. Pada dehidrasi ringan, metabolisme melamban sebanyak 3%
  7. Sistem imun menjadi rendah
  8. Menumpuknya racun karena fungsi ginjal terganggu
  9. Berat tubuh turun dan gangguan pada pencernaan
  10. Infeksi saluran kemih

GEJALA – GEJALA DEHIDRASI


  • Haus
    Rasa haus salah satu yang seringkali kita abaikan merupakan cara yang dilakukan tubuh untuk memberi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan sehingga anda diharuskan mengonsumsi air lebih banyak. 

  • Terasa Lemas, Lelah dan mengantuk
    Karena air merupakan sumber energi, merasa lelah dan lemas adalah tanda umum mereka yang mengalami dehidrasi. 

  • Buang Air Kecil Sedikit & Keruh
    Untuk melihat apakah asupan air bagi tubuh telah tercukupi, Anda cukup memperhatikan urin Anda. Jika urin berwarna kuning pucat hingga bening, berarti kebutuhan air Anda telah tercukupi. Sebaliknya, jika urin berwarna kuning gelap dan memiliki aroma yang kuat, hal tersebut merupakan tanda Anda harus mengonsumsi air lebih banyak. 

  • Kram Otot
    Dehidrasi mempengaruhi fungsi otot tapi diduga terkait dengan ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit seperti natrium dan kalium adalah ion yang bermuatan listrik yang membuat otot bekerja.
    Jika mengalami dehidrasi kronis, maka terjadi ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menyebabkan kram otot atau kejang yang terus menerus. Kondisi ini banyak terjadi setelah orang selesai melakukan latihan atau olahraga. 

  • Kehilangan Kesadaran
    Rasa haus yang ekstrim atau bahkan menjadi malas minum, lekas marah dan kebingungan, mulut sangat kering, kulit kering dengan turgor yang sangat lamban, sedikit atau tidak berkemih sama sekali, warna urine lebih gelap dan pekat dari biasanya, mata cekung, tekanan darah yang rendah, laju denyut jantung dan nadi meningkat, nafas cepat, demam, dan dalam kasus yang paling serius menjadi delirium atau tidak sadarkan diri.

  • Tidak buang air kecil lebih dari 8 jam

  • Mata tampak cekung, terasa berat, kering, dan perih

  • Mulut kering dan lengket

  • Kulit kering

Apabila kita mulai merasakan gejala – gejala bahkan dampak seperti yang kita bahas di atas segeralah minum untuk menggantikan cairan tubuh yang sudah hilang. Tetapi ketika anda sudah dehidrasi jangan langsung minum air terlalu banyak karena dapat menyebabkan muntah dan kehilangan lebih banyak cairan lagi. Minumlah secara bertahap sembari tubuh kita melakukan penyesuaian kondisi cairan tubuh. Kita bisa mengatasi bahkan mencegah terjadinya dehidrasi. Bagaimana caranya? Akan kita bahas pada materi selanjutnya.



Download artikel ini :

http://sh.st/TmNeS
 

1 comment:

  1. Apa itu ejakulasi? pada pandangan yg enteng pada pendapat pertalian intim (seksual), ejakulasi yakni kondisi di mana ditandai bersama keluarnya larutan pasir yg mengandung sperma permulaan sebuah Mr P atau penis. kondisi ini biasa disertai dgn kondisi badan yg dinamakan sbg “orgasme”.

    Ejakulasi alami berlangsung lantaran adanya sebuah rangsangan atau stimulasi. uang lelah stimulasi tertentu ini, sehingga penis dapat menerima ereksi. Ereksi yaitu kondisi di mana otot-otot penis mencocok atau kaku dikarenakan rongga. falsafah talenta di dalamnya mengadakan Mr P tak lembek kondisi( natural tidak dengan stimulasi).

    Intinya, ejakulasi berlangsung sebab adanya ereksi dan mengatur air sperma (lelaki) yg kebanyakan dialami bertepatan bersama orgasme. dekat interaksi intim, ejakulasi berlangsung imbalan adanya rangsangan dgn saingan tipe. Namun ejakulasi terus berjalan walau tidak dengan rangsangan musuh tipe, tetapi dilakukan dgn utopia tertentu.

    article from: Klinik Andrologi Jakarta
    Peringatan : Sekali lagi apabila anda merasa artikel ana belum terang atau ada hal lain, sehingga kamu dapat klik Chat Online, di mana profesional saya dapat menjawab keluhan kamu, atau hubungi nomer (021)-62303060. Klinik Apollo Jakarta mengharapkan mudah-mudahan kamu selalu sembuh.

    Klinik kulit dan kelamin terbaik | Biaya sirkumsisi

    Pengobatan Ejakulasi dini | Dokter Spesialis kelamin di jakarta

    Konsultasi Online | Free Consultasion

    ReplyDelete