Tuesday, February 2, 2016

SURVIVAL HEWAN





            Di alam bebas selain memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan, kita juga bisa memanfaatkan hewan. Begitu banyak hewan yang ada di alam yang dapat dikonsumsi, tetapi apabila cara kita mengolah untuk dikonsumsi salah bisa berdampak buruk. Kita bisa terinfeksi racun dari hewan. Terkadang kita juga tidak sadar bahwa ada beberapa hewan yang kita anggap remeh tetapi hewan tersebut dapat dikonsumsi. Di kesempatan kali ini kita akan mengulas beberapa hewan yang mudah ditemukan di alam bebas dan dapat dikonsumsi, juga cara mengkonsumsi hewan secara benar agar tidak terinfeksi racun atau hal berbahaya lainnya.


HEWAN YANG DAPAT DIKONSUMSI


1.    Burung

Semua jenis burung bisa dimakan. Poin pentingnya adalah bagaimana cara kita bisa menangkap burung. Salah satunya adalah dengan membuat perangkap. Ketika kita menangkap burung di sarangnya, ada kemungkinan juga terdapat telor burung yang dapat kita konsumsi. Untuk burung pemakan bangkai rebuslah kurang lebih 20 menit untuk membunuh parasitnya.

2.    Rayap

Rayap adalah jenis binatang yang memiliki kandungan protein tinggi, bisa ditemukan di kayu rapuh ataupun tanah yang lembab.

3.    Katak

Katak adalah jenis binatang yang bisa dimakan, tapi jangan pilih katak yang beracun. Karena sebagian katak memiliki kandungan racun ditubuhnya.

4.    Ular

Meskipun ular termasuk jenis binatang mengerikan, tetapi sebenarnya merupakan salah satu binatang yang bisa dikonsumsi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan memotong tubuh ular menjadi 3 bagian. Bagian yang dapat dikonsumsi adalah bagian tengahnya karena sepertiga bagian kepala kemungkinan terdapat racun dan sepertiga bagian ekor adalah saluran kotoran dari ular.


5.    Kadal

Kadal juga bisa dikonsumsi, dan jangan pernah ragu untuk menangkap binatang ini karena memiliki kandungan gizi yang lumayan baik.

6.    Jangkrik, Belalang

Kedua jenis binatang tersebut bisa kita konsumsi. Bisa kita bakar, goreng, atau mau dimakan mentah.

7.    Ikan

Ikan, semua orang tahu merupakan salah satu menu untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang nikmat dan mudah kita temukan.

8.    Larva Kumbang/Lebah

Ini juga jadi salah satu sumber protein yang bisa kita konsumsi.

9.    Bekicot

Hewan ini biasanya hidup ditempat lembab, biasanya hidup di pohon pisang. Buka kulit kerangnya, bersihkan, kemudian bisa kita goreng atau bakar.

10. Laron 

Adalah jenis binatang yang juga bisa kita gunakan untuk dikonsumsi. Mengandung protein yang cukup tinggi dan ada hubungannya dengan rayap. Tentunya tidak cukup satu ekor, apalagi kita bisa menangkapnya dalam jumlah yang banyak karena hewan ini adalah hewan yang berkelompok/bersosial.

11. Hewan Mamalia

Cara menguliti hewan mamalia besar seperti rusa, kijang, dan yang lainnya adalah menggantungnya dengan posisi kepala di bawah dan mengikat lutut kakinya.

      Tempatkan wadah untuk menampung cariran atau darah di bagian bawah, kita juga bisa mengkonsumsi darahnya dengan cara mendinginkan sampai beku di suatu wadah yang tertutup agar tidak tercemar bakteri.

12. Cacing

Cacing memiliki protein yang tinggi, apabila kita menemuinya dapat dibersihkan dan langsung dikonsumsi.

13. Ulat Sagu

Ulat sagu dapat dimakan mentah – mentah, kita bisa menemuinya di pohon sagu.



Download artikel ini :
 
http://sh.st/TmVva

No comments:

Post a Comment