Wednesday, January 20, 2016

CIRI - CIRI TUMBUHAN YANG DAPAT DIKONSUMSI

            Hal yang perlu kita lakukan setelah mempelajari tentang survival shelter dan survival air di beberapa artikel yang lalu adalah survival makanan. Karena kita juga membutuhkan makanan untuk keberlangsungan hidup kita. Jika di alam bebas, diperkirakan kita dapat bertahan tanpa makanan kurang lebih selama 3 minggu. Tentunya jangan menunggu waktu tersebut. Di setiap aktivitas yang kita lakukan pasti membutuhkan tenaga, dengan dasar itulah kita perlu melakukan yang namanya survival makanan. Tujuannya adalah untuk mengisi kembali tenaga kita dan menggantikan sel – sel tubuh yang mati.

            Survival makanan dibagi menjadi 2 berdasarkan sumbernya, yaitu survival makanan dengan sumber tumbuhan dan sumber hewan. Pembagian tersebut dikarenakan cara – cara yang kita lakukan untuk mendapatkan atau mengkonsumsi tumbuhan dan hewan berbeda. Di kesempatan ini ktia akan belajar bagaimana melakukan survival makanan bersumber tumbuhan terlebih dahulu. Untuk survival makanan bersumber hewan akan kita bahas di artikel selanjutnya.

SURVIVAL MAKANAN SUMBER TUMBUHAN

            Di alam bebas tentunya kita bisa menemui berbagai macam tumbuhan. Tetapi, apakah tumbuhan yang kita temui bisa kita konsumsi semuanya? Tentu saja tidak. Mengapa tidak semua tumbuhan tidak dapat kita konsumsi? Hal ini dikarenakan terdapat tumbuhan yang memiliki fungsi bukan sebagai sumber makanan, seperti tumbuhan yang beracun, dan tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai obat - obatan.

CIRI – CIRI TUMBUHAN YANG DAPAT DIKONSUMSI

·         Tidak Berbulu

Bulu pada tumbuhan memiliki fungsi melindungi diri, apabila tersentuh oleh kulit kita dapat mengakibatkan gatal – gatal atau panas. Hindarilah tumbuhan yang memiliki bulu.

·         Tidak Berwarna Mencolok

Tumbuhan yang memiliki warna mencolok terutama berwarna ungu dikhawatirkan mengandung racun. Kecuali tumbuhan yang memang kita kenal dan bisa dimakan seperti ketela ungu, terong dll.

·         TIdak Berduri

Sama seperti tumbuhan berbulu, duri dijadikan sebagai alat melindungi diri sehingga kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

·         Tidak Bergetah

Hindarilah tumbuhan yang bergetah terlebih lagi apabila getahnya pekat. Tumbuhan ini memiliki fungsi lain, bukan untuk dimakan.

·         Tidak Berbau Menyengat

Apabila kita menghirup baunya saja kita bisa merasakan pusing atau gangguan pada bagian tubuh kita yang lain terutama yang memiliki bau busuk. Apabila tumbuhan tersebut kita konsumsi dikhawatirkan mengakibatkan gangguan yang lebih parah pada tubuh kita.

·         Dikonsumsi oleh Hewan Mamalia

Tumbuhan yang dikonsumsi oleh hewan mamalia dapat kita jadikan sebagai acuan dapat dikonsumsi. Karena sistem pencernaan pada hewan mamalia tidak berbeda jauh dengan sistem pencernaan tubuh kita.

Memilih tumbuhan yang dapat kita konsumsi di alam bebas tentunya tidak mudah. Hal ini disebabkan karena tidak semua tumbuhan dapat hidup di segala tempat atau banyak tumbuhan yang tidak kita temui di rumah. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan yang dapat kita konsumsi yang bisa kita jumpai di alam bebas.

TUMBUHAN YANG DAPAT DIKONSUMSI

1.    Tumbuhan Palem

Tumbuhan palem hidup di berbagai tempat, kita juga bisa menemuinya di alam bebas. Kita bisa memanfaatkan buahnya untuk dimakan. Contohnya adalah kelapa, Sagu, dan siwalan.

2.    Jambu

Pohon jambu seringkali tumbuh di alam liar karena penyebaran dari hewan. Apabila kita menemuinya kita bisa memakannya.

3.    Tumbuhan Merambat

Tumbuhan merambat juga memiliki buah dan daun yang dapat kita konsumsi. Akan tetapi perlu dieprhatikan, bahwa tidak semua tumbuhan merambat bisa dimakan. Tumbuhan merambat yang bisa dimakan hanyalah tumbuhan yang perputaran lilitannya searah dengan jarum jam atau ke arah kanan. Contoh dari tumbuhan ini adalah markisa, ubi rambat, labu, dan lain – lain.

4.    Family Begonia (Semak)

Tumbuhan semak yang dapat dikonsums memiliki ciri-ciri bentuk daun yang seperti jantung, namun tidak simetris. Tumbuhan semak seperti ini dapat dikonsumsi pada bagian tangkainya dengan ari yang mudah untuk dikupas. Rasa dari tangkai tumbuhan ini biasanya sedikit asam atau pahit

5.    Keluarga Pakis

Kebanyakan dari tumbuhan pakis aman untuk dikonsumsi. Jika melihat batang pakis yang berbulu, kupas terlebih dahulu bagian yang berbulu, baru setelah itu pakis dapat dikonsumsi.

6.    Keluarga sirsak

Tumbuhan sirsak seringkali ditemui di alam bebas. Tumbuhan sirsak ini memiliki buah yang berwarna hijau dan berduri kecil. Duri pada buah ini tidak terlalu tajam. Buah sirsak berwarna putih dan enak untuk dimakan dengan rasa manis dan asam.

7.    Arbei / Besaran

Arbei adalah buah yang berbentuk seperti strawberry, hanya memiliki ukuran yang lebih kecil, ketika sudah matang buah ini berwarna hitam dan rasanya manis, apabila belum matang rasanya pahit atau asam.

8.    Tumbuhan Rumput

Contoh dari tumbuhan rumput yang bisa dikonsums adalah tumbuhan bambu (rebung / tunasnya), pisang hutan, dan tebu.

9.    Jamur

Jamur tiram dan jamur merang adalah dua jenis jamur yang pasti aman untuk dikonsumsi. Hindari untuk mengkonsumsi jamur lainnya, karena dimungkinkan memiliki racun yang cukup berbahaya. 

CIRI - CIRI JAMUR YANG BERACUN

o   Mempunyai warna mencolok
o   Menghasilkan bau yang tidak sedap
o   Jika dimasukan ke dalam nasi warnanya menjadi kuning (warna nasi)
o   Sendok menghitam jika dimasukan ke dalam masakan
o   Bila diraba mudah hancur
o    bagian pokok batangnya berbentuk seperti cawan
o   Tumbuh dari kotoran hewan
o   Memiliki getah putih
o   Apabila digores meninggalkan bekas berwarna biru


Beberapa jenis tumbuhan yang disebutkan di atas dapat kita konsumsi dan berpotensi besar kita temui di alam bebas. Apabila kita menemui jenis tumbuhan yang asing atau ragu untuk mengkonsumsi suatu tumbuhan kita dapat melakukan percobaan. Percobaan ini dikenal dengan sebutan UNIVERSAL EDIBILITY TEST, tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui suatu tumbuhan aman atau tidak untuk dikonsumsi.



Download artikel ini :


http://sh.st/TmCTl


1 comment: