Sunday, January 10, 2016

SURVIVAL SHELTER




                Banyak orang yang mengira bahwa shelter adalah membuat bivak. Padahal bivak hanyalah bagian dari macam – macam shelter. Yang dimaksud dengan shelter adalah tempat beristirahat sementara. Sedangkan survival sherlter adalah seni atau cara kita bertahan hidup di alam dengan membuat tempat peristirahatan sementara yang nyaman dan aman dari gangguan hewan atau cuaca. Shelter dapat dibuat dari alat yang kita bawa seperti tenda atau alat bivak, juga bisa dibuat dengan memanfaatkan benda – benda yang ada di alam.
                Survival shelter sangatlah penting bagi kita. Karena di lingkungan yang ekstrim kita diperkirakan dapat bertahan hidup dari cuaca atau hewan buas selama 3 jam saja. Dengan  membuat shelter kita bisa beristirahat dengan tenang sebelum melanjutkan perjalanan. Berikut ini adalah macam macam shelter.
 



MACAM – MACAM SHELTER

1.       Shelter Buatan

Yang dimaksud dengan shelter buatan adalah shelter yang sudah dirancang sebelumnya sehingga di lapangan kita hanya perlu merakitnya saja. Contohnya adalah bivak, tenda dome, tenda kompi atau tenda pleton.Untuk tenda kompi dan tenda pleton bentuknya hampir sama hanya saja ukurannya yang berbeda, lebih besar tenda kompi daripada tenda pleton.



2.    Shelter Semi Alami

      Yang dimaksud dengan shelter alami adalah shelter yang dibangun dengan memanfaatkan benda benda di alam sekitar.


3.    Shelter Alami

      Shelter alami adalah shelter yang memang sudah terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.




       
























        Itulah macam macam shelter yang ada. Semoga dengan adanya artikel ini kita tidak lagi mengira bahwa yang dimaksud dengan survival shelter hanyalah bivak. Tetapi masih banyak lagi maca - macam shelter selain bivak. Untuk pembahasan tentang bagaimana  cara menentukan tempat yang aman untukmendirikan shelter atau bagaimana cara mendirikan bivak yang baik dan benar akan kita bahas di artikel selanjutnya.


Download artikel ini :
http://sh.st/TmKDV

No comments:

Post a Comment